9 Kuliner Khas Deman Yang Harus Kamu Coba – Kuliner Demak memiliki keunikan tersendiri dengan cita rasa yang khas dan bervariasi. Demak, sebuah kota kecil yang terletak di Jawa Tengah, memiliki warisan kuliner yang kaya, mencerminkan campuran budaya Jawa dan Islam yang kental. Berikut adalah beberapa jenis kuliner khas Demak yang patut Anda coba.

9 Kuliner Khas Deman

1. Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah hidangan khas Demak yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah seperti daun salam, lengkuas, dan serai. Makanan ini biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng, dan sambal.

2. Nasi Pindang

Nasi Pindang adalah hidangan nasi yang disajikan dengan kuah pindang, yaitu kuah khas Jawa Tengah yang terbuat dari ikan segar yang dimasak dengan bumbu rempah seperti lengkuas, jahe, dan kunyit. Makanan ini biasanya disajikan dengan irisan telur rebus, tauge, dan sambal.

3. Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah hidangan sate khas Demak yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu khas Maranggi yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, dan kencur. Potongan daging sapi ini kemudian ditusuk dan dipanggang hingga matang, kemudian disajikan dengan bumbu kacang dan lalapan.

4. Nasi Goreng Babat

Nasi Goreng Babat adalah hidangan nasi goreng khas Demak yang terbuat dari nasi yang di goreng dengan tambahan daging babat (usus sapi) yang di masak dengan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan kecap manis. Maknan ini sering di sajikan dengan telur mata sapi dan irisan mentimun.

5. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal adalah hidangan tahu goreng yang di sajikan dengan tambahan potongan kol, tauge, lontong, dan tauge, kemudian di siram dengan bumbu kacang yang kental dan gurih. Hidangan ini sering di sajikan dengan tambahan kerupuk sebagai pelengkap.

Baca juga : 10 Rekomendasi Kuliner Khas Cirebon, Cocok Dikunjungi!

6. Sate Rembiga

Sate Rembiga adalah hidangan sate yang terbuat dari potongan daging sapi yang di masak dengan bumbu rempah khas Rembiga, yaitu bumbu rempah yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, dan serai. Potongan daging sapi ini kemudian di tusuk dan di panggang hingga matang.

7. Gethuk Lindri

Gethuk Lindri adalah makanan tradisional Jawa Tengah yang terbuat dari campuran tepung ketan, gula merah, dan santan. Adonan ini kemudian di bentuk menjadi bulat dan di lapisi dengan parutan kelapa. Gethuk Lindri memiliki tekstur yang kenyal dan manis.

8. Sego Jagung Rebus

Sego Jagung Rebus adalah hidangan nasi yang di sajikan dengan jagung rebus sebagai lauk utamanya. Jagung rebus ini biasanya di sajikan dengan tambahan kelapa parut dan garam sebagai pelengkap.

9. Tahu Petis Demak

Tahu Petis Demak adalah hidangan tahu goreng yang di sajikan dengan tambahan bumbu petis yang kental dan beraroma khas. Bumbu petis terbuat dari campuran udang, gula merah, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya yang di haluskan.

10. Rujak Demak

Rujak Demak adalah hidangan rujak yang terbuat dari campuran buah-buahan segar seperti mangga, nanas, jambu, dan timun, yang kemudian di siram dengan bumbu rujak yang pedas dan manis. Kuliner ini sering di sajikan dengan tambahan kacang tanah dan kerupuk sebagai pelengkap.

Kuliner Demak menawarkan berbagai macam hidangan yang lezat dan unik, mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi kulinernya yang khas. Jika Anda berkunjung ke Demak, pastikan untuk mencicipi berbagai hidangan khas yang memikat selera dan menggugah selera dari kota ini.